Rabu, 10 Juli 2013

Manfaat Konsumsi Gula Jawa (Gula Merah)



Anda pasti sangat akrab dengan yang namanya gula merah. Tapi tahukah anda tentang manfaat gula merah bagi kesehatan tubuh? Mungkin yang anda tahu selama ini gula merah tersebut hanya lah sekedar pemanis atau penambah bumbu pada makanan tetapi anda tak pernah menyadari bahwa gula tersebut mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. 


Manfaat Gula Merah
Jika dikonsumsi dalam jumlah benar gula merah akan memberikan manfaat baik bagi tubuh manusia seperti meningkatkan Vitalitas dan Kesehatan Tubuh. Dengan kenyataan seperti ini anda tidak perlu kuwatir untuk menggunakan gula merah sebagai bumbu masakan atau pemanis minuman. Gula merah memiliki rasa manis berbeda dari Gula putih, karena selain manis gula merah juga terasa gurih, hal ini mampu merangsang nafsu makan anda.
Selain memiliki rasa gurih setiap 100 gram gula merah juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti Zat Besi 4 mg, Kalsium 90 mg, dan Karoten. Kandungan kadar gula dalam gula merah lebih rendah dari gula putih sehingga gula merah bisa dikonsumsi penderita diabetes dan sangat baik untuk menurunkan kadar lemak tak jenuh dalam tubuh. Gula merah juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti Vitamin A, B12, C, E, Folat, Protein Kasar dan Garam Mineral. selain itu, Gula merah mengandung zat makro dan mikronutrien lebih banyak daripada gula putih. Gula merah mengandung Mikronutrien seperti : Garam mineral, Thiamine (vitamin B1)Riboflavin (vitamin B2) Nicotinic Acid (vitamin B3) Pyridoksin (vitamin B6) Cyanocobalamin (vitamin B12) Ascorbic Acid (Vitamin C).



Tabel 1. Komposisi Kimia Gula Kelapa, Gula Aren, dan Gula Tebu



* BPTP Banten (2005) dari Rumakai (Balitka Manado, 1990) ** Thampan, 1982
*** : Santoso, 1993)



Gula merah memiliki sifat Hangat dan Manis Alami, didalam gula merah terkandung zat untuk Menguatkan Limpa, Menambah Darah, Memperlancar Peredaran Darah, Mengurangi Nyeri dan Memberi Rasa Hangat Pada Lambung. Gula merah juga baik dikonsumsi untuk wanita dengan siklus haid tidak teratur. Mengkonsumsi gula merah dengan takaran pas dan teratur bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
Demikianlah Informasi mengenai berbagai manfaat dan kandungan nutrisi dari gula merah, semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga.




Hal yang perlu diperhatikan:
Walaupun gula merah memiliki banyak khasiat dan manfaat, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan. Hal tersebut adalah tidak semua orang dan kaum lanjut usia dapat mengonsumsi gula jenis ini. Menurut ilmu kesehatan Cina, bagi yang memiliki gangguan pencernaan, menderita panas dalam, kekurangan cairan tubuh, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi gula merah.



Tips membeli gula merah
Hati-hati terhadap gula merah yang dicampur dengan bahan-bahan lain atau tidak murni. Jika ingin membeli gula merah, pilihlah yang permukaannya rata, padat, tidak berpasir, dan tidak berongga. Teksturnya keras dengan warna cerah merata, bukan pucat atau hitam. Selain itu, pilih yang utuh dan tidak terbelah.



 

Tidak ada komentar: